Mengapa Pegawai Tambang Perlu Seragam Pertambangan?


Apapun pekerjaannya, keselamatan harus tetap diutamakan. Langkah awal yang bisa Anda ambil memastikan aspek tersebut terjamin bisa dimulai dengan menentukan seragam kerja. Seragam pertambangan tidak bisa asal dibuat tanpa mempertimbangkan detail-detailnya. Bukan hanya sekadar pakaian, seragam juga faktor pendukung keselamatan kerja.

1.     Faktor Penyebab Kecelakaan Kerja

Sudah menjadi rahasia umum bahwa bekerja di pertambangan memiliki tingkat bahaya yang tinggi. Risiko tidak hanya karena material tambang yang bisa saja mencelakakan pekerja. Area pertambangan, kondisi cuaca, hingga mesin-mesin berat yang digunakan dapat menjadi salah satu penyebab kecelakaan kerja.
Tentu saja hal-hal tersebut secara tak langsung menghantui pikiran para pegawai pertambangan. Oleh karena itu, pengadaan seragam bisa menjadi solusi dalam meminimalkan kemungkinan bahaya yang akan terjadi.

-         Material tambang

Material tambang memiliki berbagai jenis dan tergantung lokasi pertambangannya. Banyaknya jenis tersebut perlu diwaspadai. Jika tidak berhati-hati, benda-benda tersebut bisa saja melukai para pegawai. Area pertambangan juga patut diperhatikan. Sama halnya dengan material yang terjatuh tiba-tiba, pekerja juga bisa terjatuh atau terpeleset karena kondisi tempat pijakan yang tidak stabil.

-         Cuaca dan Suhu Udara

Kondisi cuaca dan suhu udara pun memengaruhi keselamatan pekerja. Seragam pertambangan harus bisa menyesuaikan dengan segala cuaca, baik ketika cuaca panas maupun dingin. Paparan sinar matahari langsung sangat tidak baik bagi kulit karena bisa menyebabkan kulit terbakar dan iritasi. Udara dingin dan angin kencang juga tak dapat dianggap remeh. Angin kencang dapat menerbangkan debu-debu dan pasir.
Tanpa seragam yang aman, debu-debu itu bisa langsung masuk ke mata dan membuat mata perih. Begitu pula dengan hujan. Tak hanya berdampak pada tubuh, namun juga pada lingkungan. Hujan yang menggenangi area pertambangan membuat tanah pijakan menjadi licin, sehingga pekerja perlu berhati-hati dalam melangkah.

-         Keberadaan Mesin Berat

Selanjutnya adalah mesin-mesin berat. Dari mulai truk pengangkut, traktor, maupun mesin pengeruk. Kendaraan-kendaraan tersebut sangat besar sehingga pengemudi harus teliti dalam mengemudi dan dalam memerhatikan keadaan sekitar. Kesalahan dalam penentuan warna seragam sangat berdampak buruk. Warna seragam sangat membantu para pengemudi kendaraan berat saat berkeliling area pertambangan. Ketika melihat seseorang dengan seragam, pengemudi akan melaju pelan-pelan supaya tidak menabrak atau melindas pekerja di lokasi itu.

-         Ketersediaan Cahaya

Selain itu, keadaan gelap dan terangnya lokasi pertambangan juga menjadi alasan dalam pembuatan seragam. Seragam perlu dilengkapi pita reflektif agar memantulkan cahaya ketika disinari. Ini untuk menghindari tabrakan dan sangat membantu ketika ada evakuasi. Warna-warna cerah dan kontras sangat berguna dalam keadaan seperti itu. Orang akan lebih jelas ketika melihat warna kontras ketimbang melihat warna gelap seperti hitam dan cokelat tua.

2.     Solusi

Setelah penjelasan risiko-risiko tersebut, apakah Anda berpikir bahwa seragam tidak ada hubungannya dengan keselamatan para pekerja? Tentu Anda dapat memahami hal tersebut, sehingga Anda perlu menentukan desain yang tepat dan apa saja detail-detail yang diperlukan seragam pertambangan. Anda bisa mulai dengan melakukan beberapa riset kecil. Setelah riset dilakukan, saatnya Anda memutuskan kemana akan memesan seragam kerja.
Untuk lebih lanjut, Anda bisa konsultasikan jenis kain, warna, ukuran dan harga pada konveksi tujuan Anda. CV. Surewi Seragam, salah satu jasa konveksi baj seragam andal di Tangerang, bisa membantu Anda dalam menentukan desain yang sesuai keinginan Anda. Keputusan ada di tangan Anda dalam menjamin keselamatan para pekerja.